Ini kali pertama aku mengikuti kopdar Klub Buku & Blogger Backpacker Jakarta atau yang biasa disebut dengan KUBBU. Sebuah klub dimana orang-orang yang memiliki hobi membaca, pun menulis berkumpul. Tempat dimana aku bertemu dengan orang-orang hebat, namun dengan rendah hati mau membagikan wawasannya padaku yang masih awam dalam bidang menulis.

Dalam kopdar kali ini, kami berkesempatan menimba ilmu mengenai Domain dan Web Hosting yang diselenggarakan oleh PT. Qwords Company International (http://www.qwords.co.id/) di Cyber Building 1, Kuningan.

Aku yang awalnya tak mengerti apa yang dimaksud dengan domain dan web hosting, kini mulai mendapatkan sedikit gambaran mengenai kedua hal tersebut.

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Domain sendiri ada bermacam-macam tergantung siapa yang menggunakannya, seperti:

  1. .id
  2. ac.id
  3. go.id
  4. desa.id
  5. biz.id
  6. my.id
  7. or.id
  8. sch.id
  9. web.id

Web hosting merupakan layanan penyimpanan data website. Data akan disimpan di dalam server sehingga dapat diakses dari seluruh penjuru dunia. Data dalam web terdiri dari teks, gambar, video, dan database atau tabel.

Qwords sendiri memberikan peluang untuk mendorong terbangunnya ekosistem ekonomi digital yang bekerjasama dengan Kemkominfo melalui sebuah program Sejuta Domain yang diberikan secara gratis.

Program tersebut dapat diakses di sini.

http://daftarhosting.id/

Walaupun dalam waktu dekat aku belum akan membuat domainku sendiri karena merasa masih butuh banyak belajar menulis, tapi aku ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada PT. Qwords dan terutama KUBBU yang telah memberikan kami kesempatan untuk belajar hal baru lagi.

img-20160903-wa0005
Sukses selalu, KUBBU!

Recommended Posts